UMC dan SEAMEO CECCEP Bakal Gelar Konferensi Internasional PAUD di Cirebon

UMC dan SEAMEO CECCEP Bakal Gelar Konferensi Internasional PAUD di Cirebon
Rektor UMC Arif Nurudin dan Direktur SEAMO CECCEP, Dwi Proyono (Foto: UMCPRESS)

UMCPRESS.ID - Rektor Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) Arif Nurudin menyambut positif inisiasi Direktur The Southeast Asian Ministers of Education Organization, Centre for Early Childhood Care and Education and Parenting (SEAMEO CECCEP) , Dwi Proyono yang  bakal menyelenggarakan Konferensi Internasional di bidang Pendidikan Anak Usia Dini (International Conference on Early Childhood Education).

" Ini inisiasi yang sangat bagus di masa pandemi ini. Tentunya, bagian dari menyemarakkan kampus merdeka,"  ucap Arif saat memberikan sambutan pada pertemuan terbatas terkait pelaksanaan pendampingan melalui kuliah dan pembahasan kerjasama UMC dan  SEAMEO CECCEP di Meeting Room CH UMC, Kamis (29/4/2021).

Arif menjelaskan bahwa isu yang akan di angkat di kegiatan tersebut adalah Pendidikan Anak Usia Dini yang meliputi banyak hal.

"Pendidikan anak usia dini sangat penting tapi jarang ter-publish . Makanya konferensi ini digelar untuk menambah pengetahuan baru dan menciptakan pemahaman terhadap PAUD dan parenting, khususnya di era Revolusi Insdustri 4.0 ini," imbuh Arif. 

Dengah di gelarnya kegiatan ini, menjadikan UMC sebagai satu-satunya mitra SEAMEO CECCEP yang pertama kalinya menyoroti isu pendidikan anak usia dini di wilayah Cirebon.

Menurut Arif, organisasi NGO milik Kementrian Pendidikan se-Asean yang concern di bidang anak usia dini ini rutin menyediakan dana hibah riset bagi peneliti di bidang anak setiap tahunnya.

Terlebih lembaga ini juga mitra UNICEF dalam menanggulangi isu-isu stunting dan kesejahteraan anak. 

Dalam pertemuan  ini, Arif  memberikan apresiasi atas kehadiran SEAMEO CECCEP yang datang khusus ke Cirebon untuk membahas hajatan International yang bakal diselenggarakan november 2021 ini.

Keberadaan SEAMEO CECCEP menurut Arif, merupakan terobosan besar bagi negara-negara di regional Asia Tenggara dalam hal peningkatan kapasitas dan kualitas Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Keluarga.

" UMC sudah tepat menjalin kerjasama dengan SEAMEO CECCEP. Semoga bisa membawa berkah dan memberikan kemajuan untuk UMC," pungkas Arif.