Ilkom UMC Buka Bantuan Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswa

Ilkom UMC Buka Bantuan Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswa

UMCPRESS.ID - Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Cirebon membuka kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan usaha kewirausahaan.

Kegiatan yang merupakan bagian dari Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) ini diharapkan bisa meningkatkan usaha bisnis mahasiswa dalam hal Brand Awareness & Digital Entrepreneurship. Dukungan untuk kewirausahaan mahasiswa dilakukan dalam bentuk bantuan dana sebesar 10 juta rupiah per tim.

Kadang mahasiswa merasa kesulitan dalam mengelola usaha dan menetapkan merk suatu produk atau jasa baru. Padahal pengenalan terhadap merk produk atau jasa akan memunculkan kelebihan dan value dari sebuah rencana kewirausahaan.

Sisi lain, sebagian mahasiswa tidak dapat mengkomunikasikan (delivery) atas keunggulan yang bisa ditonjolkan sehingga berdampak pada trust dan persepsi masyarakat terhadap sebuah produk/jasa yang dikelolanya.

Brand Awareness diharapkan membuka kesadaran merk dari konsumen terhadap usaha jasa/produk yang dimiliki mahasiswa. Kegiatan ini juga diharapkan mampu membangun brand equity produk kewirausahaan mahasiswa

Kegiatan pengembangan kewirausahaan ini juga dilaksanakan dengan mempelajari teknik membangun brand awareness dengan menyesuaikan era hari ini yaitu era revolusi digital. Dewasa ini, membangun brand awareness melalui strategi digital adalah sebuah kemutakhiran.

Tujuan diadakan pengembangan ini adalah untuk menggali potensi jati diri sehingga muncul keunggulan suatu merk produk/jasa yang menjadi brand awareness untuk mengembangkan kewirausahaan mahasiswa. Kegiatan ini dilakukan dengan lima tahapan, yaitu: 1. Pengumuman dan pendaftaran, 2. Seleksi peserta internal, 3. Pemilihan perwakilan peserta, 4. Pendampingan kewirausahaan, serta 5. Monitoring dan evaluasi program.

Program ini terbuka bagi mahasiswa ilmu komunikasi semester 1,3,5,7, mahasiswa tingkat akhir hingga konversi.

Persyaratan bagi yang berminat mengajukan bantan program:
1. Tim dengan anggota 3-5 mahasiswa prodi ilmu komunikasi (boleh lintas angkatan).
2. Menyusun proposal bisnis dengan ajuan maksimal 10 juta rupiah, sudah ada usaha rintisan yang dikelola individu/kelompok, dikembangkan oleh tim. Format bebas, buat selengkap dan semenarik mungkin. (Ajuan dana bisa untuk pembelian peralatan usaha, pengembangan produk dan lainnya)

Keuntungan yang bisa diperoleh oleh mahasiswa adalah pelatihan dan bantuan modal usaha bagi tim yang lolos seleksi sebesar total maksimal 10 juta rupiah per tim.

Selain itu, mahasiswa juga berkesempatan mendapatan konversi mata kuliah dari kegiatan kewirausahaan yang dilakukan setara maksimal 20 SKS.

Pengumpulan proposal dalam format pdf ke email ilmukomunikasi@umc.ac.id, Paling lambat 20 September 2023 (Tahap 1) dan 10 Nov 2023 (Tahap 2) hingga Pukul 23.59 WIB. (***)